Wednesday, November 1, 2017

Rekening Jenius yang memang Jenius

Jenius ini merupakan gebrakan dari Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) yang membuat Life Finance kamu lebih mudah, cerdas, dan aman. Saya bisa bilang gini karena saya unduh aplikasi ituon the spotWait a minute. BTPN? Bikin aplikasi yang digital savvy? Sesuai nggak tuh sama target market? Itulah kenapa saya sebut di kalimat pertama: Gebrakan.


Menurut penelitian, seseorang khususnya di kota besar memegang smartphone 10 hingga 200x per hari. Mesen ojek online. Pesen makanan. Pesen tukang pijet. Beli diapers. Jadi semua-semua yang ia lakukan sebisa mungkin bisa dilakukan lewat smartphone. Itulah dia kenapa target Jenius ini adalah semua orang yang memakai smartphone, dan ingin transaksi keuangannya lebih mudah.
Fitur-fitur apa aja tuh yang ada di Jenius?
Mau dijelasin satu-satu gak nih? Yang jelas sih sebagai buibuk yang suka traveling dan suka belanja online, fitur-fitur Jenius bantu banget. Kita pakein contoh ya biar makin sip!
Fitur Jenius BTPN
Fitur Jenius BTPN
CASHTAG
“Kirimin nomor rekening dong, saya mau transfer duit beli popok kemaren”
“Sent ke Whatsapp. Nomornya 200300400500600700 atas nama TukangPopok”
*buka mobile banking* *Pilih transfer* *buka WA* *copy norek* *balik lagi ke mobile banking* *mobile banking ketutup otomatis karena sempet liat WhatsApp* *log in ulang* *Gak bisa log in dulu selama beberapa menit* *Udah bisa log in* *Pilih transfer* *Daftar nomor transfer* *Kirim uang*
Panjang kali lebar kali tinggi step-step transfer ke seseorang. Tapi emang nomor rekening ini tricky sih. Nomornya panjang, gak bisa diapalin, pas nyari nomornya, aplikasi banking kita ketutup. Mau log in, harus nunggu beberapa menit dulu sebelum log in lagi. Itulah gunanya CASHTAG. Cashtag ini adalah semacam username kita kalo di socmed, ditambahkan icon dollar di depannya. Misalnya aja cashtag saya adalah $TitiwAkmar.
Fungsi cashtag ini biar kalo ngirim-ngirim duit gak harus apalin nomor rekening, tapi tinggal search cashtagnya aja. Cashtag bisa customizeddan diganti lagi jika mau. Tetap aman karena walau cashtag kita ganti, nomor yang melekat di balik cashtag tetap sama. Saya suka sama fitur ini karena cashtagnya bisa nyamain nama panggung saya, yaitu Titiw Akmar. Cepetan bikin supaya Cashtag yang kamu mau gak keburu diambil orang. Lagipula, kita terlahir dengan nama, bukan nomor kan?
Ide Cashtag $TitiwAkmar
Ide Cashtag $TitiwAkmar
SEND IT
“Poy, kirimin Mamoy Rp 200.000 dong, ada dot bayi yang harus aku beli”
“Yaudah, langsung cek tuh akun kamu.”
“Hah cepet amat, aku belum ngasih nomor rekening”
“Ih aku kirim dari Jenius via nomor HP kamu. Hare gene gak usah kirim nomor rekening deh!”
Yes, fitur Send It memungkinkan kita mengirim uang tanpa perlu nomor rekening. Cukup dengan nomor handphone, email, akun bank, hingga $Cashtag. Cepat dan mudah! Terima kasih Papoy, Sherpa langsung dapet dot bayi baru deh!
PAY ME
“Tiw, gw beli waxing strip untuk traveling dong!”
“Ok langsung transfer aja ya ke akun yang biasa”
Udah beberapa hari, si temen yang beli barang dari kita nggak bayar-bayar nih. Nagih langsung nggak enak, pake fitur Pay Me aja, ngingetin si temen berapa total yang harus dibayar. Cuma searchnamanya di kontak HP, minta sejumlah uang lewat fitur Pay Me, dan temen tinggal melakukan 1 langkah mudah. Accept. Atau menolak. Kalau accept, sejumlah uang yang kita minta akan langsung ditansfer ke akun kita. Kalo ditolak? Ih, putusin hubungan pertemanan kalian, Fernando!
Trus katanya Jenius bikin life finance lebih mudah? Masa itu doang? No worries ada beberapa fitur lagi nih seperti:
Fitur Jenius BTPN
Fitur Jenius BTPN
DREAM SAVER
Punya cita-cita nggak yang kira-kira harus banget punya tabungan yang gak diutak utik supaya cita-cita itu kesampean? Saya punya. Yaitu traveling ke Jepang. Setelah dihitung-hitung, mau ke destinasi liburan Jepang sampe lumayan puas 10 hari, dengan tiket promo, ples ke tempat wisata murah, bisa habis 20 juta. Tapi saya pengennya tahun depan, biar bareng sama ultah saya 5 September.
Coba klik fitur Dream Saver. Di sini, kamu bakal diitungin tuh, misalnya aja ke Jepang butuh 20 juta, harus ada duitnya per 5 September. Dream Saver akan otomatis menghitung berapa biaya yang harus kita tabung setiap harinya, didebet langsung dari rekening Jenius kamu. Khusus untuk si Jepang 5 September, kalo setoran awal saya Rp 1.000, maka saya harus nabung Rp 2.198/hari supaya kekumpul 20 juta di tanggal itu. Enak ya udah diaturin dan gak berasa beraaat. :D
SPLIT BILL
Paling males patungan sama orang. Kadang lupa, kadang lama bayarnya. Daaaan.. Fitur Split Bill to the rescue! Misalnya aja tiap saya lagi traveling ke pulau, kan biasanya patungan kapal tuh. Trus nanti pas udah di Jakarta baru kolekan. Di sini saya tinggal buka aplikasi Jenius, bagi-bagi siapa aja yang patungan, tinggal masukin cashtag mereka. Ada notifikasi deh via email atau apps Jenius. Cocok buat kamu-kamu yang gak enakan untuk nagih. Split Bill. Jangan ada bon di antara kita.
Split Bill Jenius
:’)
CARD CENTER
Ketika buka rekening Jenius, kamu kan dapet 2 kartu. Kartu fisik (M-Card) dan virtual (E-Card). M-Card adalah kartu debit atau ATM yang bisa dipakai di ATM BTPN atau mesin ATM lain berlogo Prima dan ATM Bersama. Yang satu lagi, E-Card adalah kartu elektronik berlogo Visa buat online shopping kakaaak! Inget logo VISA yang ada? Ini berarti ketika kamu belanja online di luar negeri juga bisa.
Trus saya udah coba beli aplikasi tumbuh kembang anak di Play Store, dan langganan Spotify. Sakses! Cukup pake nomor kartu dan CVV code yang ada di e-Card. Jadi kayak kedebet langsung gitu dari saldo E-Card. Cara isi saldo E-Card? Tinggal top up dari m-Card ke e-Card. Cussss. *Deg-degan dari kemaren belanja mluluuu* x)
Oiya, sebagai traveler yang cukup sering pergi-pergi, kehilangan kartu penting itu bikin trauma marisa. Langsungggg males abis dan kepikiran. Blokirnya. Nelpon ke call center yang dipingpong dan sering nggak bantu. Well, ada satu lagi kelebihan Card Center dari Jenius: bisa block kartu kamu. Gemana kalo HPnya ilang? Aplikasinya kan di situ. Chill, bisa diblock lewat web http://jenius.comBlocksecara temporary juga bisa.

Itu semua yang dijelasin adalah fitur-fiturnya. Bagaimana kalau mau membuat akun Jenius? This one is mindblowing. Kita bisa buka rekening tanpa harus jadi nasabah BTPN, dan gak harus dateng ke bank yang bisa antre berjam-jam. How cool is that? Asalkan kamu siapkan dulu hal-hal berikut:
  • Koneksi internet yang mumpuni
  • KTP
  • NPWP
  • Kertas putih yang sudah kamu tanda tangani
  • Smartphone yang ada kameranya dengan batere yang full
Sudah semua? Lanjuuut:
  1. Jenius akan meminta kita isi biodata.
  2. Upload foto KTP dan NPWP, perhatikan cahaya yang ada. Jangan sampe kegelapan atau silau sehingga data KTP tidak terbaca.
  3. Jenius minta kita selfie. Aheyyy, sooo milennials!
  4. Passwordnya makin alay kayak Ak03hM4n1sH! makin bagus. Tapi kudu diinget ya, jangan nanti malah lupa password.
  5. Proses pembukaan akun dibatasi hanya dalam 45 menit. Jika selama proses pembukaan ini ada masalah di jaringan internet atau kelamaan, tenang aja. Sistem nyatet prosesnya sampe mana sehingga data kita tetap aman. Kalau mau melengkapi proses, bisa ditunggu setelah 10 menit.

Saya yang pertamanya apatis dengan aplikasi-aplikasi keuangan jadi lebih melek finance karena Jenius yang emang serius jenius! Life finance management all in one place in your mobile. Bikin rekeningnya aja kayak bikin akun Snapchat.
Saya baca-baca juga review dari beberapa website perbankan dan tech cukup muji-muji aplikasi ini. Download aplikasi Jenius sekarang deh. Bisa di AppStore atau PlayStore.

No comments:

Post a Comment