Monday, November 6, 2017

Investasi, Mulai dari Mana?

Kebanyakan orang sulit menentukan langkah awal saat ingin mencoba berinvestasi. Hal ini karena kurangnya pengetahuan, belum adanya perencanaan keuangan yang matang, atau mungkin belum memiliki cukup modal. Namun, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk memulai investasi.
Buat perencanaan
Saat menerima penghasilan, buatlah anggaran pengeluaran dan pemasukan untuk memudahkanmu merencanakan keuangan. Anggaran ini bisa digunakan untuk mengevaluasi pengeluaran bulanan dan mengalokasikan uang untuk memenuhi berbagai kebutuhan primer. Setelah semua kebutuhan primer terpenuhi, barulah kamu dapat mengalokasikan uangmu untuk menabung dan berinvestasi.
Tentukan tujuan
Apa yang menjadi impianmu saat memutuskan untuk berinvestasi? Hal ini penting untuk kamu ketahui. Beberapa jenis investasi biasanya menunjang kebutuhan tujuan keuanganmu, seperti tujuan jangka pendek, jangka pendek-menengah, atau jangka panjang. Misalnya, jika kamu mempunyai tujuan keuangan jangka pendek, kamu bisa memilih investasi reksa dana.
Kenali jenis-jenis investasi
Sebelum benar-benar menginvestasikan uangmu, kenali terlebih dulu jenis-jenis investasi yang ada. Jangan sampai setelah berinvestasi, kamu baru sadar bahwa investasi yang kamu pilih tidak sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuanganmu. Setelah menentukan tujuan berinvestasi dan mengenal jenis-jenisnya, barulah kamu memilih jenis investasi yang tepat. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan, tujuan, dan kemampuanmu dalam berinvestasi.
Pelajari
Dalam berinvestasi, diperlukan pengalaman, pengetahuan, dan informasi yang bisa kamu peroleh dari membaca berita atau mencari tahu perkembangan investasi. Selain itu, tambah pula pengetahuanmu tentang keuangan agar semakin percaya diri dalam berinvestasi. Selebihnya, pengalaman baru bisa kamu peroleh setelah benar-benar terjun ke dunia investasi.
Berani berkomitmen
Setelah memutuskan untuk berinvestasi, yakinkan dirimu bahwa kamu dapat melakukan investasi dengan baik. Selain menambah pengetahuan tentang keuangan dan investasi, kamu juga perlu menerapkan komitmen pada dirimu sendiri untuk tidak menyerah saat kegagalan menghampiri. Semakin kamu berani menerima risiko, maka semakin besar pula peluangmu untuk sukses dalam berinvestasi.
Jadi, sudah siapkah kamu untuk memulai investasi? Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment